Kiprah Aston Villa yang Legendaris

sejarah panjang Aston Villa

Skorinfo – Sejarah panjang Aston Villa – Berbicara soal klub sepak bola legendaris dari tanah Inggris, rasanya cukup familiar dengan nama Aston Villa. Sebuah klub sepak bola yang sudah banyak dikenal dan identik dengan Liga Primer Inggris. The Villans itulah julukan yang melekat pada klub sepak bola yang satu ini. Diketahui Sejarah panjang Aston Villa telah mencapai usia 144 Tahun tepatnya berdiri pada maret tahun 1874.

Sejarah panjang Aston Villa memiliki fakta unik dengan stadion yang jadi kandangnya. Sejak tahun 1897 Stadion Villa Park selalu dijadikan kandang klub legendaris ini. Klub ini tercatat sebagai salah satu penggagas lahirnya kompetisi sepak bola profesional di Inggris dengan nama Football League. Sebagai penggagas liga sepak bola ini, Villa termasuk klub yang sangat moncer pada musim-musim tersebut.

Kemonceran sejarah panjang Aston Villa terlihat dari torehan emas sebagai jawara liga selama 5 kali dalam 7 kali edisi gelarannya. Klub yang dijuluki The Lions ini mencapai puncak kejayaan di masa awal 1900-an. 6 trophy Liga Inggris menasbihkan klub ini sebagai salah satu klub Inggris paling sukses. Bahkan kegemilangan ini bisa kembali diraih pada musim 1980-1982 dengan juara liga serta trophy Champions.

Ada catatan kelam klub sebelum kembali menemukan tajinya di tahun 1980an awal. Catatan sejarah panjang Aston Villa, diwarnai catatan kelam dengan terjun ke kasta ketiga liga di tahun 1971. Kegemilangan diraih di tahun 1982 dengan pencapaian juara Liga Eropa plus jawara piala Super Eropa yang membawa The Villans masuk 4 jajaran klub asal Inggris yang pernah merajai Benua Biru Eropa.

Cerita degradasi klub terulang kembali di tahun 1987, namun tak butuh waktu lama Aston Villa kembali naik ke kasta tertinggi Liga Inggris. Berkat tangan dingin Ron Atkinson, The Villans dibawa menjadi klub elit dengan menjadi peringkat kedua Liga Primer tahun 1993 dan dua kali mengangkat trophy piala liga tahun 1994 dan 1996.  Sehingga menjadi jajaran klub yang diperhitungkan di kancah Eropa.

Sejarah panjang Aston Villa juga ada di tahun 2006, kepemilikan berpindah tangan dari Doug Ellis ke tangan Randy Lerner.  Kepemilikan baru ini juga membawa perubahan bagi klub. Kursi pelatih atau manajer di tahun 2006 dipegang oleh Martin O’nell. Di tangan O’Nell permainan tim dibawa lebih terasa bersaing ketika menjalani laga-laga di kancah Liga Primer Inggris.

Salah satu keputusan yang merubah iklim klub yaitu dengan mengedepankan talenta asli Inggris sebagai skuad tim. Dari catatan sejarah panjang Aston Villa inilah yang  mampu menyodok dan mengganggu kenyamanan klub-klub besar Inggris. O’Nell mundur dari kursi pelatih dan tampuk kepemimpinan beralih ke Gerard Houlier. Hingga akhir terdegradasi di tahun 2016-2017 di bawah asuhan Roberto Di Matteo.