Sejarah Perkembangan Sepakbola Indonesia

Sejarah Perkembangan Sepakbola Indonesia

Skorinfo – Sepakbola Indonesia. Sepakbola sendiri merupakan olahraga yang berat dan memerlukan kerja sama tim dan juga kemampuan individu masing-masing pemainnya yang baik. Namun sepakbola merupakan olahraga yang sangat digemari di seluruh dunia. Hampir seluruh orang di seluruh dunia mengenal permainan bola sepak yang sangat populer ini. Walaupun ada yang belum tentu semua orang menyukainya. Akan tetapi walaupun tidak memiliki perasaan suka terhadap olahraga ini, orang tersebut pasti tetap mengetahui apa itu sepakbola dan bagaimana cari memainkannya dikarenakan kepopuleran olahraga ini di seluruh dunia. Oleh karena itu, ajak sepakbola dunia juga dipandang sebagai event Internasional yang mampu menyatukan seluruh dunia. Dalam satu pertandingan piala dunia memungkinkan untuk ditonton oleh penonton dari seluruh dunia yang akan berkumpul di satu tempat.

Di Indonesia sebenarnya sepakbola sudah populer sejak awal abad 20 saat Indonesia masih dijajah oleh pemerintahan negara Belanda. Akan tetapi di saat berdirinya organisasi sepakbola Indonesia, organisasi yang dinamakan PSSI atau Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia ini masih dilatarbelakangi dan diutamakan untuk kepentingan politik. Sejak Indonesia merdeka, barulah sepakbola di Indonesia lebih bebas dan klub-klub yang mewakili masing-masing kota mulai berdiri.

Sepakbola di Indonesia bisa terbilang lebih lambat perkembangannya dibandingkan dengan negara-negara lain. Piala dunia sendiri sudah diadakan sejak sebelum era perang dunia ke -2. Hanya saja di saat perang Dunia ke 2, Piala dunia sepakbola dihentikan terlebih dahulu untuk sementara sampai keadaan dunia sudah kembali kondusif. Setelah perang dunia, piala dunia sepakbola sudah mulai dilanjutkan kembali pada tahun 1950. Sedangkan di Indonesia sendiri yang baru merdeka dari penjajahan jepang pada tahun 1945 masih dalam kondisi merevitalisasi pembangunan dan struktur pemerintahan di Indonesia.

Kemudian pada tahun 1952, PSSI sudah diterima menjadi anggota FIFA lalu kemudian menjadi anggota AFC atau Asian Football Federation. Lalu seiring dengan perkembangan PSSI dari tahun ke tahun, PSSI mulai menyelenggarakan liga sepakbola Indonesia yang melibatkan seluruh klub di Indonesia untuk menunjukkan kemampuannya di kancah nasional Indonesia.